Jakarta - Sebanyak 28 tim akan memperebutkan gelar juara Garnier Mens League Top Skol U-17 untuk musim 2024. Turnamen yang didedikasikan untuk mengembangkan bakat-bakat pesepakbola muda ini akan dimulai hari Minggu mendatang di lapangan latihan ASIOP, Sentul, Bogor.

"Kami akan menyelenggarakan liga TopSkor untuk kategori U-17 pada tahun 2024. Kami sangat senang dengan kerja sama ini dan tentunya dengan dukungan dari Garnier Men, kami berharap sepak bola akar rumput di Indonesia akan terus berkembang dan pada akhirnya menghasilkan pemain-pemain yang bisa membela tim nasional Indonesia di masa depan," kata Direktur Liga TopSkor Direktur Liga TopSkor Yusuf Kurniawan dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis.

Liga Topsko U-17, yang telah berjalan selama 13 tahun sejak edisi pertamanya pada 2011, pada musim ini akan menampilkan tim-tim yang berasal dari Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang, Cirebon, Subang, dan Cimahi. 28 tim yang akan bertanding memperebutkan gelar juara antara lain Palapa Mavericks, Ocean Stars SC, Asiana, Erlanga, Prahara Champea, Diklat Isa, Fifa Farmer, Cipta Gemilang FA, ASIOP dan Putra Karawang Junior, Akademi Poetra Cibinong, Nusantara 2004, Katar SKN 86, Cirebon United, Urakan, Tajimalela, DS Soccer, Star Soccer, Putera Betawi SS, Macan Muda SS, Bintang Junior SS, Kancil Mas, Stoni Indonesia, Naraga Ciater United, Bina Sentra, Akademi Persib, Asia Football School, dan RMD. Diharapkan dengan berkembangnya kompetisi musim ini akan menghasilkan pemain-pemain yang dapat membela tim nasional Indonesia di masa depan. Sebelumnya, liga TopSkor telah menghasilkan sejumlah pemain berseragam Garuda mulai dari U-16, U-17, U-20, U-23 hingga level senior. Mereka antara lain Donytri Pamungkas, Bagas Kaffa, Bagas Kaffi, Ronaldo Kwate, Beckham Putra Nugraha, Jean Zola, Arkan Kaka, Nabil Ashrah, Muhammad Ferrari dan Ji Davin.

"Pada tahun 2024, Liga Top akan digelar di 15 kota. Diawali di Batam, kemudian Padang, Medan, Palembang, Jakarta, Cirebon, Bandung, Yogya, Surakarta dan Malang. Kemudian di Kalimantan akan diadakan di Samarinda dan Balikpapan, di Sulawesi akan diadakan di Palu dan Makassar, dan terakhir di Papua, dengan turnamen untuk enam kelompok umur - U-12, U-13, U-14, U-15, U-16, dan U-17," kata pelatih Yuk Kurniawan. Garnier Mens League Top Skol U-17 Jakarta 2024 juga memiliki program yang menarik bagi para peserta yang terdiri dari 28 tim. Yakni, kombinasi pemain berbakat akan dimasukkan ke dalam tim seleksi Top Skol Indonesia (TSI) U-17 yang nantinya akan bermain di Garuda Cup International 2024 pada Agustus 2024 di tempat latihan ASIOP di Sentul yang diikuti tujuh negara.