Kabupaten Bogor - Sebanyak 20 warga Perumahan Alam Tirta, Desa Pagelaran, Ciomas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat mengalami keracunan setelah mengkonsumsi makanan berupa pesmol ikantongkol. "Diduga penyebabnya sementara karena ikan tongkol yang di-pesmol," kata Camat Ciomas Marimbun Tua Gultom di Bogor, Jumat. Ia mengungkapkan bahwa peristiwa keracunan massal tersebut bermula ketika Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Donggol mengadakan kegiatan sedekah makanan untuk masyarakat setempat setelah shalat Jumat. Menurut Gurtom, sekitar pukul 13.00 WITA, setelah makanan dibagikan dan sebagian dikonsumsi, pihaknya menerima laporan bahwa 20 orang menunjukkan gejala keracunan makanan.

"Pada pukul 13.00 WIB, ada sekitar 20 orang korban yang merasa mual dan panas. Mereka langsung dibawa ke puskesmas," jelas Gurtom.

Setelah mendapat perawatan, 16 dari 20 korban keracunan makanan diperbolehkan pulang karena tidak tergolong keracunan akut dan dapat disembuhkan secara mandiri.

Sementara itu, empat pasien lainnya dirujuk ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut: satu pasien dibawa ke Rumah Sakit Umi, sedangkan tiga pasien lainnya dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor.