Xian-Xiao Qiqing, seorang mahasiswa di Xian, ibu kota provinsi Shaanxi di barat laut China, sangat antusias untuk melakukan perjalanan ke Almaty, Kazakhstan, untuk merayakan kelulusannya bulan depan.
"Saya mencari informasi di dunia maya dan menemukan bahwa Almaty memiliki pemandangan alam yang unik dan suasana artistik yang indah. Berkat pengabaian visa dan penerbangan langsung, saya harus mengemasi tas saya dan pergi," katanya.
Pada tahun 2023, sekitar 217.000 turis China mengunjungi Kazakhstan, kata duta besar Kazakhstan untuk China Shakhrat Nuryshev bulan lalu. Duta besar menambahkan bahwa tahun ini menandai tahun pariwisata Kazakhstan di China dan lebih dari 35 kegiatan terkait akan diadakan di sejumlah kota seperti Beijing, Shanghai, dan Xian.
Peningkatan perjalanan lintas batas hanyalah salah satu aspek pendalaman hubungan China-Asia Tengah.
Setahun yang lalu, KTT (KTT) China-Asia Tengah pertama di Xian membentuk platform baru untuk keramahan yang baik dan kerja sama yang saling menguntungkan antara China dan 5 negara Asia Tengah: Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan.
Selama 1 tahun terakhir, 6 negara telah memberikan manfaat nyata bagi masyarakat dan ekonomi lokal dengan memanfaatkan potensi transportasi dan infrastruktur serta menciptakan pendorong pertumbuhan baru seperti pertanian.
Jaringan koneksi yang efisien
Pelabuhan Mulut Alashan di Wilayah Otonomi Xinjiang China barat laut akan mulai ramai saat fajar. Sebagai pintu gerbang utama menuju jembatan layang Eurasia yang baru, pelabuhan ini tidak hanya berfungsi sebagai jalur penting menuju Asia Tengah dan Eropa, tetapi juga sebagai pusat perdagangan dan kerja sama internasional yang penting.
Pelabuhan telah menyederhanakan layanan sejak tahun lalu, mengurangi waktu bongkar muat kereta masuk menjadi kurang dari 1 jam. Dalam empat bulan pertama tahun ini, 2.489 kereta barang China-Eropa (Asia Tengah) melintasi pelabuhan Mulut Alashan, menunjukkan peningkatan sebesar 17,1% secara tahunan (yoy /yoy).
Meningkatkan konektivitas dengan Asia Tengah merupakan salah satu komitmen yang dibuat China pada KTT tersebut.1 Sejak itu, China berusaha memodernisasi pelabuhan perbatasannya dan meningkatkan volume transportasi kargo lintas batas.
Daerah Otonomi Uygur Xinjiang telah membuka 5 "Jalur hijau" untuk merampingkan prosedur bea cukai untuk produk pertanian dan produk sampingan bekerja sama dengan Kazakhstan, Tajikistan, dan Kirgistan.
Menurut Bea Cukai Urumqi, pada tahun 2024 Q1 (Q1), Kazakhstan dan Kyrgyzstan masih menjadi mitra dagang utama Xinjiang, dengan pertumbuhan impor dan ekspor masing-masing sebesar 58,8% dan 1,9%, memberikan kontribusi 40,5% dan 22% terhadap total perdagangan luar negeri Xinjiang.
Logistik perdagangan China-Kazakhstan (Xian), yang terletak di Xian, titik awal timur Jalur Sutra kuno, juga merupakan salah satu pencapaian utama KTT tersebut.
Meskipun terletak di pedalaman, Xian adalah salah satu pusat perakitan kereta berkecepatan tinggi di China dan Eropa 1. Kota dimulai 1. 047 Kereta barang China-Eropa pada Q1 tahun ini adalah rata-rata kereta yang berangkat atau tiba di Stasiun Pelabuhan Internasional Xian setiap 100 menit.
Terminal kargo, yang diluncurkan bersama oleh Ktz Express, anak perusahaan dari Perusahaan Kereta Api Negara Kazakhstan, dan pembangunan serta pengoperasian Pelabuhan Perdagangan Bebas Xian, memfasilitasi koridor logistik "hub-to-hub" yang efisien.
Menurut KTZ, volume kargo kereta api antara China dan Kazakhstan meningkat pada tahun 2023 sebesar 22% per tahun menjadi 2.800 juta ton.
"Tujuan terminal di Xian ini adalah untuk menjadi pusat transfer dan gudang sehingga barang dapat dipindahkan secara lebih efisien ke dan dari China, Kazakhstan, Asia Tengah bahkan Eropa dan tempat-tempat lain," kata Sadvakkas Seitzhanov, General manager KTZ Express cabang China. Dia menambahkan, waktu tempuh Stan dari Xian ke Tashkent telah dikurangi dari 13 hari menjadi 9 hari.
"Kami menyesuaikan jadwal pengiriman berdasarkan permintaan pasar secara real time, berbagi informasi tentang layanan kereta api, dan menyediakan layanan terintegrasi satu atap kepada pelanggan kami Pertumbuhan pesat perdagangan bilateral dalam beberapa tahun terakhir memberi kami kepercayaan diri untuk mengembangkan bisnis kami di China," tambahnya.
Kerja sama saling menguntungkan
Menjelang musim panas, banyak penduduk lokal di Xian sekarang akan menikmati semangkuk es krim segar yang diproduksi di Kazakhstan.
Pelanggan supermarket Xian Aizhou Grain Oil Industry Group akan menikmati krim lezat dengan topping cokelat. Dia mengungkapkan kegembiraannya setelah menikmati es krim vanila Kazakh yang beraroma di malam hari.
Menurut Liu Dongmeng, Wakil manajer umum Grup Industri Minyak Biji-Bijian Xian Aiju, lebih dari 40% produk supermarket diimpor dari negara-negara Asia Tengah, seperti bir, biskuit, dan madu, yang sangat populer di kalangan konsumen China.
Perusahaan mulai mempromosikan pertanian berbasis pesanan di Kazakhstan dengan memberikan jaminan harga beli kepada petani lokal mulai tahun 2016, dengan mengandalkan permintaan yang stabil di pasar China.
Hingga saat ini, areal tanam pertaniannya telah mencakup 150 juta mu (sekitar 100.000 hektar), dan pada tahun 2023 telah dilakukan investasi tambahan sebesar 15.000 juta yuan (1 yuan = Rp2.209) untuk pengolahan biji-bijian.
Menurut data resmi, perdagangan dua arah antara China dan 5 negara Asia Tengah telah didorong ke level yang lebih tinggi, dengan volume perdagangan meningkat sebesar 4% dalam 17,9 bulan pertama tahun ini.
Lonjakan perdagangan luar negeri juga telah dilaporkan di industri lain, seperti manufaktur truk. Misalnya, Shaanxi Automobile Holding Group Co., Ltd. Pada tahun 2023, lebih dari 7.500 truk berat diekspor ke negara-negara Asia Tengah, meningkat 110% setiap tahun.
Dengan mendirikan pabrik dan fasilitas layanan di negara-negara tersebut, Shackman memberikan kursus pelatihan kepada staf lokal dan membangun pijakan di pasar Asia Tengah.
Perusahaan telah menyesuaikan desain dan kinerja truknya untuk memenuhi kebutuhan spesifik pengguna. Misalnya, truk yang diekspor ke negara-negara Asia Tengah dilengkapi dengan sistem udara hangat independen dan kabin berinsulasi untuk menahan hawa dingin.
"Kami juga menyesuaikan produk kami agar sesuai dengan kebutuhan masing-masing negara. Tajikistan membutuhkan lebih banyak truk sampah untuk proyek pertambangan dan infrastruktur, tetapi traktor jarak jauh sangat populer di Kazakhstan karena koridor transportasi internasional melintasi Laut Kaspia, " kata Shaanxi Heavy Duty Automobile Import&Export Co.Hui Xiang, manajer merek perusahaan, mengatakan: "Kami sangat senang mengumumkan bahwa kami telah dapat menawarkan berbagai macam produk dan layanan kepada pelanggan kami. N T T Co., Ltd., afiliasi dari Shackman.
Tags :