Jakarta-Kemarin (27/5) Berbagai peristiwa politik menjadi sorotan, mulai dari dob hingga Pembangunan Papua, saat ketua PBNU meminta Pengurus baru PP GP Ansor belajar dari Jokowi, hingga wakil presiden yang memimpin rapat paripurna BP3OKP.

Ini rangkuman berita politik kemarin yang menarik untuk dibaca lagi:

1. Ketum PBNU meminta Pengurus Ansor PP GP yang baru untuk belajar dari Jokowi

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Kh Yahya Cholil Staquf adalah Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor yang baru masa bakti 2024-2029

Dia mengatakan Jokowi akan terus berkarya di Indonesia. Dia mengatakan telah menghasilkan 10 tahun investasi strategis untuk masa depan. Menurutnya, sosok nomor satu di Republik Indonesia ini telah meletakkan landasan yang sangat penting bagi masa depan Indonesia yang lebih baik.

" Saya merasa sangat terhormat dapat menaruh harapan kepada kalian semua, dan saya yakin GP Anza dan Banza akan berjuang bersama, " kata Gus Yahya saat kegiatan peresmian yang ditujukan untuk masa depan Anza di Istra Senayan, Jakarta, Senin.

Baca lebih lanjut


2.

Menteri BUMN Eric Tohil mengundang Mohammed Ali Rashd Alabar, pengusaha asal Uni Emirat Arab dan pemilik Burj Khalifa, gedung pencakar langit tertinggi di dunia, untuk menemui Presiden Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan di Jakarta, Senin.

Eric tiba bersama Arabar di kantor Kementerian Pertahanan di Jakarta, setelah itu keduanya menjadi pelaksana tugas (Plt.2018).Donnie Elmawan Taufanto, Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan.

Eric dan Arabar kemudian masuk ke kantor Prabowo, di mana ketiganya berdiskusi selama kurang lebih 1 jam.

Lanjutkan membaca


3. Seorang mantan hakim Mahkamah Konstitusi mengatakan hati nuraninya digagalkan oleh omong kosong pemilu.

Mantan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Aswanto mengatakan hati nuraninya digagalkan oleh omong kosong pemilu saat menghadiri sidang sengketa hasil pemilu legislatif 2024 untuk memberikan pendapat ahli.

dia dalam kasus 92.-01-12-12/ Pernyataan tersebut disampaikan pada sidang pembuktian PHPU.Gedung DPR-DPRD-XXII / 2024MK, Jakarta, Senin. Hal itu berlaku karena pihak pemohon adalah Badan Perwakilan Negara (PAN) dan pihak termohon adalah KPU.

" Awalnya, para ahli tidak memiliki kemungkinan untuk mengevaluasi sesuatu yang konkret. Namun, berdasarkan informasi dari berbagai media tentang omong kosong penyelenggaraan pemilu ini, hati nurani para ahli sebagai mantan penyelenggara dan mantan wasit mengutarakan pendapatnya

Baca lebih lanjut


4. APHA: Perlunya "kemauan politik" untuk menyelesaikan masalah adat

Hirmansyah, Sekretaris Jenderal Perhimpunan Guru Hukum Adat (APHA) meyakini bahwa perlu untuk menyelesaikan masalah adat di seluruh Indonesiakemauan politikatau kemauan politik.

" Pertama-tama kita harus menggebrak kemauan politikagar kita bisa menyelesaikan masalah masyarakat adat, " kata hirmansyah Senin saat ditemui di sebuah kafe di wilayah Tebet, Jakarta Selatan.

Hirmansyah menekankan bahwa kemauan politik pemerintah sangat diperlukan untuk menciptakan instrumen-instrumen seperti undang-undang dan lembaga-lembaga yang secara khusus menyelesaikan permasalahan masyarakat adat.

Baca lebih lanjut


5. Wapres memimpin Rapat Paripurna BP3OKP membahas DOB terhadap Pembangunan Papua

Wapres (WAPRES) Maruf Amin memimpin rapat paripurna Komite Pengarah Percepatan Pembangunan Daerah Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) di Istana Wapres di Jakarta, Senin.

Banyak isu yang dibahas dalam rapat tersebut, antara lain tindak lanjut pembentukan 4 daerah otonom baru (DOB) di Papua, penyelesaian masalah beasiswa mahasiswa berprestasi di Papua, dan keberlanjutan pembangunan Papua di pemerintahan mendatang.

Wapres mengingatkan, kehadiran BP3OKP merupakan komitmen pemerintah untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat Papua, seperti yang disampaikan Kantor Pers Sekretariat Wapres.

Baca lebih lanjut