Jakarta-Berbagai peristiwa politik telah diberitakan pers pada Rabu (29/5) dan serba-serbi Pilkada 2024, direvisi menjadi aturan ASN sejak usia pensiun anggota TNI / Polri

Berikut beberapa berita politik kemarin untuk Anda simak kembali.

1. Komite III: Usia pensiun TNI dan Polri direvisi sama dengan ASN

Wakil Ketua Komite III DPR Khairul Saleh Pangeran, usia pensiun anggota tni dan Polri sama dengan kaidah Aparatur Sipil Negara

Selain itu, menurutnya angka harapan hidup di Indonesia saat ini semakin meningkat. "Setiap orang sudah berusia 60 tahun (usia pensiun) dan hanya Polri dan TNI yang tersisa," kata Saleh di kompleks parlemen di Jakarta, Rabu (29/5).
Baca lebih lanjut di
.

2. Presiden MPR Menerima aspirasi usulan perubahan Undang-Undang Otonomi Khusus Papua

Presiden MPR Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Kongres Rakyat Papua (MRP) di seluruh Papua sehubungan dengan berbagai usulan perubahan Undang-Undang Otonomi Khusus Papua (OTS).

Bambang Soesatyo mengatakan perubahan tersebut untuk memperkuat posisi Orang asli Papua (OAP) dalam pemerintahan. Hal ini dikarenakan Dana Otsus Papua yang telah mencapai Rp9, 62 triliun kini dialokasikan langsung ke berbagai kabupaten / kota.

"Penggunaan Bupati / Wakil Bupati oleh gubernur / Letnan Gubernur, walikota/Wakil Walikota sebagai pemimpin daerah lebih baik jika berasal dari Oap yang merasakan denyut nadi kehidupan Papua secara langsung," kata pria akrab dengan keterangan resmi yang diterimanya di Jakarta, Rabu (29/5).

Baca lebih lanjut.

3. Menkopolhukam: Pilkada di Papua menjadi perhatian pemerintah pusat.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Marsekal TNI (Purn) RI Hadi Tjahjanto menyebut pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 di Papua menjadi perhatian pemerintah pusat.

"Untuk itu diperlukan sinergi antara penyelenggara pemilu, pemerintah dan seluruh masyarakat untuk memastikan pilkada di Papua berjalan lancar dan aman," katanya dalam rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan pilkada serentak di kota Jayapura, Rabu (29/5) tahun 2024.

Baca lebih lanjut.

4. Wapres menegaskan, penyidikan RUU Penyiaran merupakan hak publik.

Wapres Maruf Amin menegaskan bahwa kebebasan pers, sebagaimana ditekankan dalam UU Pers, tidak dibatasi oleh rancangan amandemen Undang-Undang No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran.

" Yang penting persoalan kebebasan pers di bawah undang-undang yang ada tidak terkendala, " kata wapres usai meninjau pemberangkatan jamaah haji asal Aceh di Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh, Rabu (29/5).
Baca lebih lanjut di
.

5. PKB akan memulai komunikasi dengan Anis Baswedan untuk Pilkada DKI Jakarta

Ketua Meja Pilkada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Halim Iskandar mengatakan pihaknya akan memulai komunikasi dengan Anis Baswedan untuk maju dalam Pilkada DKI Jakarta tahun 2024-11. Perusahaan mengatakan telah meluncurkan versi baru dari layanan tersebut.

"Untuk DKI sudah kita komunikasikan oleh Ketua, semuanya akan disampaikan melalui meja Pilkada. Kami melakukan pendalaman dan diskusi dengan Bapak Anis Baswedan," katanya dalam konferensi pers di Kantor DPP PKB di Jakarta, Rabu (29/5).

Baca lebih lanjut.