Jakarta-Banyak pemberitaan yang menarik perhatian pembaca pekan lalu (2/6), antara lain Pemerintah Kabupaten Bantur (Pemkab) mengubah syarat penerimaan Mahasiswa Baru (PPDB) 2024 di jalur zonasi.

Selain itu, puluhan warga negara Indonesia yang dicadangkan sebagai calon Haji ilegal, serta mereka yang meninggal saat pelaksanaan ibadah Haji, telah ditangkap. Ada juga informasi terkini tentang calon haji di Indonesia, termasuk data calon haji.

Ada juga informasi tentang letusan Gunung Eve di Mark Utara dan aktivitas Gunung Dempo di Serayan Sumatera yang ditutup sementara.

Simak berita humaniora kemarin yang juga menarik untuk dibaca hari ini:


1.

Kementerian Pemuda, Pendidikan, dan Olahraga Provinsi Bantur, daerah istimewa Yogyakarta, telah memutuskan untuk mengubah persyaratan PPDB tahun 2024 untuk zonasi jalur guna mencegah warga naik kartu keluarga (KK)orang tua dan orang lain yang bukan kakek kandung.


2.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji ke Mekkah (PPIH) Embarkasi Makassar mengukuhkan bahwa sebanyak 37 orang yang diamankan petugas Arab Saudi (Askar) karena menjadi calon haji haram ke Mekkah adalah warga Sulsel. Itu masih berkoordinasi dengan Kementerian Agama dan kedutaan Saudi yang terkait dengannya.


3.

Kementerian Agama Ri mencatat jumlah calon haji di Indonesia yang meninggal dunia dalam proses penyelenggaraan ibadah Haji meningkat menjadi 32 orang. Kementerian Agama mengatakan bahwa semua jamaah yang meninggal setelah masuk ke kapal dan sebelum akhir pendaratan akan dibadalhaji.


4.

Letusan Gunung Ibu di provinsi Halmahera barat di Provinsi Marc Utara menyebabkan awan abu vulkanik setinggi 7 km membumbung ke langit.


5.

Kegiatan pendakian ke puncak Gunung Dempo di Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan akan ditutup sementara minggu depan atau pada periode 2024-6-2-6-8, sesuai imbauan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).