Jakarta-PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli) kini telah membagikan 4 tips untuk membantu Anda mengenali tanda-tanda penipuan yang sering terjadi melalui berbagai saluran online, antara lain email, WhatsApp, media sosial, dan SMS.

Berdasarkan hasil survei Asia Fraud Report 2023, masyarakat Indonesia ternyata rentan menjadi korban penipuan online.4 hingga 1 orang Indonesia menerimapenipuanhampir setiap hari melalui telepon atau pesan singkat.

Pesan yang disampaikan beragam mulai dari permintaan transaksi, pengumuman berhadiah, hingga proses perekrutan karyawan. Untuk itu, masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap pesan-pesan yang mencurigakan, terutama jika mengandung godaan untuk membayar atau uang.

Menurut Blibli pada hari Jumat, ada 4 tips mengenali tanda-tanda kecurangan:



Jangan bereaksi dan periksa detail pengirimnya

Saat Anda menerima pesan mencurigakan, terutama pesan yang terkait dengan diskon besar untuk uang, hadiah, pekerjaan, atau pembelian produk tertentu, sebaiknya jangan bereaksi.

Sebaliknya, publik yang menerima pesan wajib memeriksa ulang detail pengirimnya, apakah mereka menggunakan nomor ponsel dan alamat email resmi atau nomor ponsel biasa dan domain email umum.

Pada langkah selanjutnya, orang dapat memeriksa pesan mereka di situs web resmi atau di akun media sosial. Facebook Instagram Facebook Instagram Facebook Instagram Facebook Instagram Instagram Facebook Instagram InstagramFacebook InstagramFacebook:Facebook:Facebook:Twitter:Twitter:Twitter:Twitter:Instagram:Instagram:Instagram:Instagram:Instagram:Instagram:Instagram:Instagram: Instagram Instagram Instagram Instagram Instagram Instagram Instagram Instagram Instagram Instagram Instagram Instagram Instagram Instagram Instagram Instagram Instagram InstagramInstagram:Instagram:Instagram: Instagram:Instagram:Instagram:Instagram:Instagram:Instagram:Instagram:Instagram:Instagram:Instagram:Instagram:Instagram:Instagram:Instagram:Instagram:Instagram:Instagram:Instagram: Instagram Instagram Instagram InstagramInstagram:Instagram: Instagram:Instagram:Instagram:Instagram:. Bisa juga kamu cek di akun Tiktok bliblidotcom, Youtube@bliblidotcom.Official,LinkedInのBlibli.com , Bloghttps://www.blibli.com/friends/,電話0804 1871 871と電子メールcustomer.care@blibli.com

Pastikan saluran komunikasi Blibli yang Anda hubungi adalah akun terverifikasi. Instagram Facebook TikTok, logo centang biru (untuk X) dan logo centang hijau (untuk WhatsApp) merupakan penanda yang menandakan bahwa akun Anda merupakan saluran komunikasi resmi.

Abaikan dan bersikap kritis

Jika Anda telah melakukan langkah pertama, tetapi informasi yang Anda dapatkan masih mencurigakan, Anda harus mengabaikan pesannya.

Namun, jika Anda menerima penipuan melalui telepon, Anda harus tenang dan kritis dan tidak disesatkan oleh daya tarik uang hadiah ketika diminta mengeluarkan uang untuk menebus uang hadiah.



Katakan tidak pada Transfer Uang

Penipuan selalu melibatkan permintaan transfer uang untuk menukarkan hadiah atau mendapatkan pekerjaan dari tawaran pekerjaan yang sebenarnya palsu.

Berdasarkan pengaduan yang masuk, biasanya masyarakat diminta untuk mengirimkan uang secepatnya karena jika uang tidak diberikan maka ada ancaman pencobaan terhadap penghargaan yang disita.

Oleh karena itu, jika diminta mengirimkan uang, mereka dengan tegas menolak sejak awal dan segera menghentikan pembicaraan.

Jika transfer yang dimaksud terkait dengan pembelian suatu produk, konsumen wajib melakukan transaksi jual beli melalui platform resmi yang aman, bukan melalui rekening pribadi ataupenjual.

Orang yang bertransaksi di akun resmi Blibli lebih cenderung memiliki keamanan karena platform tersebut dapat menampung dana dari konsumen hingga penjual dan melacak akun yang menunjukkan penipuan.

Laporkan dan biasakan menggunakan saluran informasi resmi

Untuk mencegah orang lain menjadi korban, masyarakat diharapkan melaporkan penipuan tersebut ke platform atau pihak berwenang, terlepas dari mode yang digunakan, nomor ponsel atau jenis akun yang digunakan oleh penipu.

Anda juga dapat terhindar dari penipuan jika terbiasa mencari informasi melalui jalur resmi, baik terkait promosi, undian, program penjualan terkini, atau tawaran pekerjaan.