JAKARTA - Kemarin (21/7) diwarnai dengan berbagai peristiwa politik, mulai dari persiapan hari muktamar PKB hingga tahapan pemilu Pilcada 2024 bagi beberapa partai politik. Berikut ini beberapa kutipan berita yang menarik untuk disimak:

Kak Yimin: Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengatakan semua partai politik diundang dalam perayaan hari lahir ke-26 PKB.

“Semua partai politik diundang,” katanya, yang akrab disapa Kak Imin, menjawab pertanyaan tentang kemungkinan Presiden terpilih dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto diundang ke acara ulang tahun PKB di kawasan Bundaran HI, Jakarta, hari Minggu.

Baca selengkapnya.

Kaesan: PSI dan PKS ingin bangun kekuatan baru di Solo

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesan Pangarep mengatakan bahwa partainya dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ingin membangun kekuatan baru di Solo, Jawa Tengah.

Kaesang menyampaikan hal tersebut dalam pertemuan dengan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Surakarta. Kaesang mengatakan pertemuan dengan DPD PKS Surakarta merupakan bukti keseriusan PSI untuk menjalin kerja sama.

Baca selengkapnya.

PKB: Mencari titik temu dengan PDIP untuk menangkan Pilkada Jatim

Luluk Nur Hamida, Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), mengatakan partainya mencari titik temu dengan PDI Perjuangan, terutama untuk Pilkada Jawa Timur.

“Singkatnya, PKB-PDIP berusaha mencari kesamaan sedekat mungkin untuk mengkonsolidasikan kemenangannya di pemilihan-pemilihan lokal, termasuk Jawa Timur... PKB dan PDIP adalah dua kekuatan besar yang memiliki basis pemilih yang sangat berbeda namun memiliki titik temu yang sangat dekat,” katanya mengatakan pada hari Minggu di kawasan Bundaran HI Jakarta.

Read more.

Sandiaga lebih percaya diri maju di Pilkada DKI Jakarta daripada Jawa Barat

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, meskipun setidaknya ada dua partai yang mengajukan dirinya sebagai cagub Jabar Dia mengindikasikan bahwa dia percaya diri untuk mencalonkan diri dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Jakarta. “Saya lebih mengenal DKI (Jakarta) karena saya pernah ikut pilkada dan menjabat sebagai wakil gubernur, tapi di DKI belum ada jatahnya (untuk maju), jadi bersabar dulu, tunggu sampai ada jatahnya,” ujar Sandiaga di Gedung Sate, Bandung, hari Minggu.

Read more.

DKI belum terima surat presiden pengganti Hasyim Asyari

Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar mengatakan pihaknya belum menerima surat presiden (surpres) perihal pergantian mantan ketua KPU Hasyim Asyari. Ia menyatakan. “Saya belum terima sampai hari ini,” kata pria yang akrab disapa Kak Imin ini dalam keterangan pers di kawasan Bundaran HI, Jakarta, hari Minggu.

Baca selengkapnya.