JAKARTA - Microsoft telah memperkenalkan fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) baru pada Bing, yang memungkinkan mesin pencari tersebut menampilkan ringkasan informasi yang dicari pengguna. Dalam sebuah demonstrasi yang ditampilkan dalam sebuah posting blog resmi, AI Bing menampilkan ringkasan informasi berdasarkan pertanyaan pengguna. Misalnya, Berapa lama umur gajah?”, dengan tautan dari ringkasan ke sumber informasi.

Selain ringkasan informasi, AI juga menampilkan tautan video yang memberikan informasi tambahan, seperti faktor-faktor yang memengaruhi masa hidup gajah.

Sayangnya, saat ini, akses ke fungsi ini masih terbatas dan hanya sejumlah kecil pengguna yang dapat mengaksesnya.



“Kami secara perlahan meluncurkan fitur ini dan akan meluangkan waktu untuk mengumpulkan umpan balik, menguji, dan belajar untuk menciptakan pengalaman yang luar biasa sebelum menyediakannya secara lebih luas,” kata Microsoft dalam sebuah pernyataan yang dilaporkan pada hari Rabu. Dikatakan dalam pernyataan tersebut.

Microsoft menegaskan bahwa fitur AI generatif tidak akan berdampak negatif pada ekosistem penerbitan web.

“Pengalaman pencarian generatif dirancang dengan mempertimbangkan hal ini, termasuk mempertahankan hasil pencarian tradisional dan meningkatkan jumlah tautan yang dapat diklik seperti referensi dalam hasil pencarian,” tulis Microsoft.

Menurut laporan Engadget pada hari Kamis, Google sebelumnya meluncurkan fitur serupa pada awal tahun ini yang disebut AI Overview untuk mempertahankan pengguna yang mulai mengandalkan chatbot AI untuk mencari informasi.