JAKARTA - Pekan ini (5-11 Agustus 2024) diwarnai dengan berbagai berita politik, mulai dari persiapan perayaan HUT RI ke-79 di Ibu Kota Negara (IKN) hingga dinamika perjuangan Pirkada 2024 di Daerah Khusus Ibukota (DKJ).

Berikut beberapa kutipan berita menarik yang bisa dibaca kembali:

Sekjen PDIP: Agnes punya darah merah

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta Agnes Baswedan sudah memiliki darah merah PDIP. darah merah PDIP, katanya. Hal ini disampaikan Hast saat ditanya mengenai peluang PDIP mengusung Agnes untuk Pilkada DKI Jakarta 2024.

Baca selengkapnya.

Ganjar Dukung Ahok Maju di Pilkada DKI Jakarta 2024

PDI Perjuangan Ganjar Puranowo, Ketua DPP Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah, mantan Gubernur DKI Jakarta, mendukung pencalonan Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada DKI Jakarta 2024. Ia mengakui bahwa ia mendukung pencalonan Basuki Jaha Purnama atau Ahok. "Kalau dibilang hari ini yang akan saya dukung, ya, Ahok," kata Ganjar, yang ditemui di Bogor, Jawa Barat, pada hari Jumat.

Baca selengkapnya.

Ketika San Saka Tiba di Nusantara

Menjelang akhir masa jabatannya, Presiden Joko Widodo kembali menulis sejarah. Kali ini sejarah yang ditulis adalah tentang Sirab, salinan bendera Sang Saka Merah Putih yang direproduksi dan proklamasi. Pada tanggal 10 Agustus 2024, replika Sang Saka Merah Putih dikibarkan untuk pertama kalinya dari singgasananya di jantung Indonesia dan dikibarkan di Kalimantan Timur, ibu kota negara. Wilayah ini ditargetkan untuk menjadi pusat baru negara ini.

Baca selengkapnya.

Ruhut: Prabowo akan umumkan kabinetnya pada 21 Oktober

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ruhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa calon presiden untuk Pilpres 2024, Prabowo Subianto, akan terpilih pada tanggal 21 Oktober 2024. Dia menyatakan bahwa dia berencana untuk mengumumkan kabinetnya sehari setelah dia dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia.

Prabowo memberitahukan rencana ini kepada Luft saat ia menghadiri rapat terbatas dengan Presiden Indonesia Joko Widodo di Istana Kepresidenan di Jakarta pada hari Senin (8 Mei).

Baca lebih lanjut.

Jelindra dan KIM Plus dukung Ridwan Kamil untuk Pilkada DKI Jakarta

Ketua Harian Partai Jelindra Sukhumi Dasko Ahmad mengatakan bahwa partai-partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus telah menggodok pemilihan umum kepala daerah DKI Jakarta tahun 2024. Ia menyatakan bahwa mereka telah sepakat untuk mencalonkan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai calon gubernur. "KIM Plus sudah mengajukan satu nama, Ridwan Kamil, untuk Pilkada DKI," kata Dasco di Gedung DPR, Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya.