JAKARTA - Berbagai peristiwa hukum dilaporkan Kantor Berita pada Jumat (8/2), mulai dari KPK yang melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Balikpapan, Kalimantan Timur, hingga mantan Ketua MA Hasbi Hasan yang diperiksa sebagai tersangka kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU). Dilaporkan oleh.

Berikut ini adalah beberapa berita kemarin.

1. KPK Lakukan OTT Terhadap Penyelenggara Negara di Balikpapan

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap penyelenggara negara di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Jumat malam.

Informasi ini dikonfirmasi oleh juru bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto pada hari Jumat (8 Februari) malam di Jakarta.

Bacaan lebih lanjut.


2. Imigrasi Denpasar lindungi bocah Ukraina yang ditelantarkan

Imigrasi Denpasar, Bali, melindungi seorang bocah laki-laki berkebangsaan Ukraina berusia tujuh tahun yang ditelantarkan di jalan dan tersebar di media sosial.

"Kami telah menulis surat kepada kedutaannya untuk memfasilitasi proses pemulangan dan deportasi," ujar Lida Sa Putra, Kepala Imigrasi Denpasar, di Denpasar, Jumat (8/2).

Untuk informasi lebih lanjut . Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kuching Seorang pekerja migran Indonesia (PMI) asal Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), tewas ditembak di perkebunan kelapa sawit Simpang Ngu, Niah, Miri, Serawak, Malaysia. PMI terus memantau penanganan kasus yang menimpa Gafur.

Dalam pesan singkatnya saat dihubungi dari Kuala Lumpur, Jumat (8/2), Konsul Jenderal Republik Indonesia di Kuching, R Sigit Witjaksono, mengatakan bahwa jenazah Gafur baru saja selesai diotopsi oleh polisi setempat pada Kamis (8/1).

Bacaan lebih lanjut.


KPK periksa mantan Ketua Mahkamah Agung Hasbi Hasan dalam kasus pencucian uang

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada hari Jumat memeriksa mantan Ketua Mahkamah Agung (MA) Hasbi Hasan (HH) sebagai tersangka kasus dugaan pencucian uang. Juru bicara KPK Tessa Mahardika Sugiarto mengkonfirmasi di Jakarta pada hari Jumat (8 Februari) bahwa "yang bersangkutan diperiksa dalam kasus pencucian uang."

Baca selengkapnya.


5. Ahli yakin upaya pelarangan Ronald Tanur bepergian ke luar negeri sudah tepat

Pakar hukum pidana Abdul Fikar Hajjar, terdakwa kasus pembunuhan Dini Serah Afrianti, Gregorius Ronald Tanur. Dia percaya bahwa upaya untuk melarangnya bepergian ke luar negeri adalah tepat.

Rencana pencekalan ini sedang dikoordinasikan oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Timur dan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Timur.

Saat dihubungi di Jakarta pada hari Jumat (8 Februari), Abdul menyatakan bahwa penangguhan penahanan diperlukan karena kasus ini sedang dalam proses banding.

Bacaan lebih lanjut.