JAKARTA - Dari Wakil Ketua KPK Nur Gufron yang dinyatakan melanggar Kode Etik sebagai pejabat KPK pada Jumat (9 Juni) kemarin, hingga aparat gabungan TNI/Polri yang siap mengamankan dan mengawal kepulangan pemimpin umat Katolik sedunia yang juga Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus, Berbagai peristiwa hukum telah dilaporkan dan disorot oleh kantor-kantor berita.

Berikut ini adalah ringkasan berita hukum yang juga patut menjadi bacaan informatif pagi ini.

1. Dewas KPK nyatakan Nurul Gufron langgar kode etik

Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan Wakil Ketua KPK Nurul Gufron telah melanggar kode etik sebagai pejabat KPK karena mengintervensi proses mutasi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kementerian Pertanian. Dia menyatakan bahwa dia telah melakukannya. “Tersangka Nurul Gufron terbukti menyalahgunakan pengaruhnya untuk kepentingan pribadi sebagaimana diatur dalam Pasal 4 ayat 2 huruf b Peraturan Dewan Pengawas No. 3 Tahun 2021 tentang Penegakan Kode Etik dan Pedoman Perilaku Pegawai KPK,” demikian disampaikan dalam Sidang Kode Etik dan Pedoman Perilaku Pegawai KPK, di Jakarta Selatan, Jumat. Ketua Komite Sidang Kode Etik KPK, Tumpak Hatorangan Panggabean Dewas KPK, mengatakan dalam sidang yang digelar di

Baca selengkapnya.

2. Densus 88 Tangkap Tujuh Orang Penyebar Teror Saat Kedatangan Paus Fransiskus

Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri menangkap tujuh orang dari berbagai tempat yang diduga menebar teror di media sosial saat kedatangan Paus Fransiskus di Indonesia. Tim menangkap tujuh orang dari. “Mereka memprovokasi dan menyebarkan ancaman, termasuk propaganda dan terorisme, melalui media sosial terhadap kedatangan Paus di Jakarta,” kata Kombes Pol Aswin Siregar, juru bicara Densus 88 Antiteror Mabes Polri, di Jakarta, Jumat. Dia menyatakan.

Baca lebih lanjut Klik di sini.

3. Imigrasi perkirakan 1.000 jemaah haji Indonesia menyeberang ke Timor Leste

Kantor Imigrasi Atambua, Kabupaten Belle, Nusa Tenggara Timur, mengatakan bahwa 1.000 orang jemaah haji dari Indonesia diperkirakan akan menyeberang dari hari Sabtu (9 Juli) hingga Minggu (9 Agustus) ke Timor Leste. Timor Leste diperkirakan akan menyeberang melalui PLBN Motaain.

“Kami perkirakan ada 1.000 peziarah yang akan menghadiri Misa Kudus Paus Fransiskus di Dili, Timor Leste,” kata Indra Maulana Dimyati, Kepala Kantor Imigrasi Atambua, saat dihubungi di Kupang, Jumat.

Baca lebih lanjut Klik di sini.

4. Polisi jamin keamanan kepulangan Paus Fransiskus

Aparat Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) dan aparat gabungan TNI/Polri, Selasa (9 Mar) hingga Jumat memastikan siap mengamankan dan mengawal kepulangan pemimpin umat Katolik dunia yang juga Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus, setelah menjalani agenda kerasulan di Indonesia. “Sejak pukul 05.30 WIB, tim pengamanan di Bandara Soeta sudah bersiap di ruang VVIP,” ujar Wakapolresta Bandara Soeta AKBP Ronald F.C. Sipayun, Tangerang, Banten, Jumat

Selengkapnya klik di sini.

Polda DIY ungkap ladang ganja seluas 3 hektare di Gayo Rues

Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta menemukan ladang ganja seluas 3 hektare dengan 2.500 batang pohon ganja di Kabupaten Gayo Rues, Aceh. Wadir Resnarkoba Polda DIY AKBP Muharomah Fajarini dalam jumpa pers di Mapolda DIY, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat, mengatakan ladang ganja tersebut ditemukan pada 22 Agustus 2024 oleh tim investigasi Ditresnarkoba Polda DIY. Dia menyatakan bahwa ladang ganja tersebut ditemukan oleh. “Ladang ganja yang luasnya sekitar 3 hektare itu masih ditumbuhi pohon ganja dengan tinggi sekitar 1,5 hingga 2 meter, dengan jumlah pohon ganja sekitar 2.500 batang,” kata Fajarini.

Baca lebih lanjut Klik di sini.